Scaling: membersihkan karang gigi

karang gigi
Pernahkah sobat blogger menyadari kehadiran karang gigi? Biasanya seseorang akan menyadarinya ketika lidah merasakan ada sesuatu yang keras dan kasar menempel dengan kuat pada gigi, terutama pada bagian gigi yang dekat dengan gusi. Bahkan pada beberapa orang baru akan menyadari setelah melihatnya langsung.

Karang gigi dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut (halitosis). Oleh karena itu membersihkan karang gigi menjadi hal yang wajib, terutama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh.

Pembersihan karang gigi oleh dokter gigi disebut scaling, menggunakan alat khusus yang disebut scaler (ultrasonic scaler). Walaupun banyak alat manual lainnya, namun scaler inilah yang menjadi senjata utama dalam menghancurkan karang gigi. Getaran yang dihasilkan oleh scaler dapat diatur, semakin besar dan kuat karang gigi maka diperlukan getaran yang makin tinggi pula. Tidak seperti alat manual generasi lama yang memerlukan tenaga dari tangan, scaler ini cukup ditempelkan pada karang gigi sehingga pasien tetap nyaman, mengurangi resiko cidera, dan memudahkan kerja sang dokter.
membersihkan karang gigi

Membersihkan karang gigi dengan scaler butuh ketelitian tersendiri, karena pada banyak kasus karang gigi terdapat pada area gigi yang tertutup gusi. Jika demikian, mau tidak mau akan menimbulkan cidera pada gusi. Namun cidera ini akan sembuh dengan mudah karena telah dibersihkan sehingga resiko infeksi sangat kecil.

Setelah proses scaling, biasanya pasien akan mengeluh kalau giginya menjadi ngilu apabila makan atau minum yang dingin. Hal ini dapat terjadi karena pembersihan karang gigi, terutama pada perbatasan antara mahkota gigi dengan akar gigi akan menyebabkan terbukanya dentin pada perbatasan tersebut. Rasa ngilu dapat hilang dengan sendirinya bila penyembuhan gusi telah sempurna, dan gusi akan kembali menutup perbatasan yang terbuka tadi. Pada individu yang memiliki kondisi gigi sensitif, dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif agar dentin yang terbuka segera dilindungi oleh lapisan pelindung yang dibentuk dari bahan pasta gigi khusus tersebut.

Ada baiknya untuk secara rutin membersihkan karang gigi sebelum berkembang luas, karena semakin banyak karang gigi maka resiko cideranya pun semakin besar.

Sumber gambar: worldental.org dan pasadenalaserdentistry.com

1 komentar:

  1. Fida dental yogyakarta:menangani berbagai kerusakan pada poly gigi
    Alamat:J.Wates km 10 yogyakarta
    Tlp:(0274)797081, 085100808723

    *Dental unit: -chair tidak bisa UP/DOWN
    -backrest macet
    -lampu mati
    -saliva macet
    -air kumur netes
    -dll

    *Light Curing:-lampu mati
    -intensitas lampu tidak standart
    -Timer rusak

    *Micromotor:-Putaran macet
    -Putaran berdengung/panas

    *Sterilisator:-Mati
    -Tidak keluar ozon

    *Almagamator:-mati/tidak bisa bergetar

    *scaller:-Mati/tidak bergetar/terasa nyetrum

    *kompresor macet

    *camrex&lcd

    *Citojack

    *Autoclave

    *dll



    BalasHapus